PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Ita Fitriawantini FKIP Univeristas Samawa
  • I Made Sentaya FKIP Univeristas Samawa
  • Fatmawati FKIP Univeristas Samawa

Keywords:

Metode Pembelajaran Proyek, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran proyek terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbawa Besar tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen (eksperimen semu). Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi, dimana jumlah soal 20 yang terdiri dari empat pilihan jawaban (4 pilihan jawaban). Hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai pre test dan post test. Untuk menguji validitas digunakan rumus korelasi biserial dan rumus K-R 21 untuk menguji reliabelitas tes. Selanjutnya data uji normalitasnya dengan menggunakan rumus chi kuadrat dan uji hipotesis digunakan rumus t-tes. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik classter random sampling. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 248 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswa untuk kelas eksperimen dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Berdasarkan Hasil uji t, nilai thitung diperoleh sebesar 8,305. Jika dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% dengan dk=31+31-2 = 60 sebesar 1,670, maka thitung > ttabel  (8,305>1,670) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (ho) yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh metode pembelajaran proyek terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2017/2018 ditolak dan hipotesis alternative diterima (ha) yang menyatakan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran proyek terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan diterimanya hipotesis alternative (ha), maka konsep teoritik tentang pengaruh metode pembelajaran proyek terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2017/2018 terbukti kebenarannya

Downloads

Published

2018-08-19