PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BUER

Authors

  • Kuspiati FKIP Univeristas Samawa
  • I Made Sentaya FKIP Univeristas Samawa
  • Erma Suryani FKIP Univeristas Samawa

Keywords:

Pengembangan, Permainan Monopoli, Media Pembelajaran IPS Terpadu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan permainan monopoli sebagai media pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Buer, 2) mengetahui kelayakan permainan monopoli sebagai media pembelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 2 Buer. Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Borg & Gall yang dispesifikasikan dengan kebutuhan produk. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala penilaian persentase. Hasil penelitian ini adalah permainan monopoli yang layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS Terpadu. Kelayakan aspek rekayasa media dan komunikasi visual menurut penilaian ahli media memperoleh persentase skor sebesar 90,90% dengan kategori “Sangat Layak”, kelayakan aspek pembelajaran   menurut penilaian ahli materi memperoleh persentase skor sebesar 78,94% deng n kategori ”Layak” dan kelayakan aspek rekayasa media, komunikasi visual dan pembelajaran menurut Guru Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Buer memperoleh persentase skor sebesar 86,66% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan  tingkat kelayakan media dari hasil respon siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Buer memperoleh rerata skor persentase sebesar 88,00% yang artinya “Sangat Layak”.

Downloads

Published

2018-08-19