KERJASAMA LPPM UNSA DAN PT. BANK NTB SYARIAH CABANG SUMBAWA

LPPM UNSA DAN PT. BANK NTB SYARIAH CABANG SUMBAWA JADIKAN DESA NGERU DESA PERCONTOHAN GERAKAN MASYARAKAT CINTA AL-QUR’AN

Desa Ngeru Kecamatan Moyo Hilir dijadikan sebagai desa percontohan program Gerakan Masyarakat Cinta Al-Qur’an oleh Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat (LPPM) Universitas Samawa (UNSA) bersama PT. Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa. Program tersebut merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan dosen-dosen UNSA, imam dan pengurus masjid, remaja masjid, anak-anak PAUD, TK, SD, dan masyarakat umum di Desa Ngeru. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka milad Universitas Samawa (UNSA) ke 21 dan sebagai bentuk dukungan terhadap program Maghrib Mengaji yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur’an dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an sehingga dapat diimplemtasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membentengi generasi penerus dari pengaruh arus globalisasi dan modernisasi di era milenial sekarang ini yang terus menggerus nilai-nilai agama dan sosial yang fundamental sehingga dapat merusak tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ada berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dalam program tersebut seperti Belajar intensif baca Al-Qur’an (tilawah dan murattal), Peningkatan kapasitas imam dan pengurus masjid, Kajian Islami secara rutin setiap sabtu malam, Pengembangan pendidikan anak usia dini berbasis Islami (hafalan hadits-hadits pendek, hafalan do’a-do’a pendek, adzan), Festival anak cinta Al-Qur’an, Pembinaan dan pengembangan kelompok kesenian Islami (pelatihan qosidah lasqih), dan Tabligh Akbar.

Dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan sejak selama bulan Desember 2019, diperoleh berbagai output berupa Peningkatan kemampuan bacaan Al-Qur’an anak-anak peserta Belajar intensif baca Al-Qur’an serta munculnya calon qori dan qori’ah yang lebih baik, peningkatan pengetahuan imam, pengurus masjid, dan masyarakat tentang ilmu-ilmu syariat Islam seperti toharoh, sholat, ilmu Al-Qur’an, dan lain sebagainya, peningkatan keterampilan guru PAUD/TK dalam memberikan pembelajaran berbasis Islami kepada peserta didik, peningkatan pengetahuan peserta didik PAUD/TK tentang beberapa hadist (hadist tentang niat, hadist larangan marah) serta do’a-do’a (do’a ketika marah, do’a untuk orang tua, do’a ketika turun hujan, do’a ketika mendengar suara petir, dan lain-lain), peningkatan pengetahuan peserta didik SD kelas 1-3 tentang adzan dan iqomah, surat-surat pendek dalam al-Qur’an (juz 30), serta terbentuknya group Qosidah Lasqih Desa Ngeru.

Berbagai pihak memberikan respon positif dan mendukung program ini diantaranya MUI Kabupaten Sumbawa, Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Pemerintah Kecamatan Moyo Hilir, Pemerintah Desa Ngeru, SDN Ngeru, TK PGRI Ngeru, PAUD Al-Iqro Desa Ngeru, dan Remaja Masjid Nurul Taqwa Desa Ngeru.

Puncak Acara dari kegiatan ini adalah Tabligh Akbar yang dilaksanakan pada hari Ahad 29 Desember tahun 2019 dengan menghadirkan Ketua MUI Kabupaten Sumbawa sebagai penceramah. Acara ini juga dibarengi dengan lounching Desa Ngeru sebagai Desa Cinta Al-Qur’an. Hadir pula pada acara tersebut yaitu Wakil Bupati Sumbawa, Rektor UNSA, Branch Manager Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa, Camat Moyo Hilir, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Sumbawa, Kepala Desa Ngeru, Ketua dan Anggota LPPM UNSA, dosen, dan masyarakat Desa Ngeru. Dalam sambutanya Wakil Bupati, Rektor UNSA, Camat Moyo Hilir dan Branch Manager Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Harapan mereka agar kegiatan ini tidak hanya sebatas sampai di desa Ngeru saja, tetapi terus digalakkan di desa-desa lain. Secara khusus PT. Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa melalui Branch Manager berkomitmen untuk membantu melanjutkan kegiatan serupa di masa dan wilayah lainnya.

Info Kampus

http://info.universitas-samawa.ac.id/berita/detail/kerjasama-lppm-unsa-dan-pt-bank-ntb-syariah-cabang-sumbawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *