LPPM UNSA BERI PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK BERBAHAN DASAR SAMPAH

universitassamawa.ac.id – Sebagai bentuk pengabdian masyarakat secara ril, yang juga sebagai kewajiban seorang akademisi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, LPPM UNSA melaksanakan program pengabdiannya dengan tajuk pemanfaatan bahan dasar sampah untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat. kegiatan tersebut diarahkan kepada komunitas ibu rumah tangga, salah satunya adalah Komunitas Ramapeno RW 10 Kelurahan Brang Biji Sumbawa Besar, sehingga kegiatan tersebut diberi judul “Pelatihan Pembuatan Produk berbahan Dasar Sampah Pada Komunitas Ramapeno RW 10 Kelurahan Brang Biji Kecamatan Sumbawa”. agenda tersebut dilaksanakan atas kerjasama UPT Puskesmas Unit II (Brang Biji) dengan LPPM Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar.

Kegiatan tersebut lahir dari ide LPPM UNSA dengan melihat masifnya sampah masyarakat yang tidak termanfaatkan, pada saat yang sama sampah-sampah tersebut berserakan di berbagai tempat, sehingga banyak menimbulkan akibat-akibat yang tidak diinginkan. Karena itu, ada baiknya sampah-sampah tersebut dimanfaatkan untuk menghasilkan berbagai produk yang bermanfaat bagi masyarakat. dengan dasar itu, LPPM UNSA mengadakan MoU/Kerjasama anatar UPT Puskesmas Unit II (Brang Biji) dengan LPPM Universitas Samawa (UNSA) yang disepakati/ditandatangani bersama pada bulan Maret 2018. Adapaun sasaran dari kegiatan tersebut adalah 30 orang Ibu-ibu rumah tangga, Komunitas Ramapeno RW 10 Kelurahan Brang Biji Kec. Sumbawa. komunitas tersebut merupakan kelompok ibu-ibu rumah tangga yang mengelola sampah. Kelompok ini yang dirintis oleh Puskesmas Brang Biji ini beralamat di RW 10 Kampung Gudang Kelurahan Brang Biji, Sumbawa. Sejauh ini, seluruh kegiatan Ramapeno mendapat dukungan penuh dari pihak kecamatan dan kelurahan. Kegiatan berlangsung terus menerus setiap bulannya. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberi pelatihan kepada 30 orang Ibu-ibu rumah tangga Komunitas Ramapeno, dalam pembuatan produk berbahan dasar sampah mejadi produk bernilai ekonomi tinggi sebagai salah satu alternatif kegiatan untuk meningkatkan pendapatan/ekonomi keluarga.

Adapaun produk yang dihasilkan adalah olahan sampah menjadi kompos, pemanfaatan pekarangan dengan media sampah, dan manajemen dan strategi pemasaran olahan sampah. Pemateri dari kegiatan tersebut adalah (1). Dwi Mardhia, ST., M.Sc (Dosen Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Samawa) dengan materi teori dan Praktik Pembuatan Produk Olahan Sampah Plastik, (2). Rudi Masniadi, SE., ME, Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa, dengan materi Manajemen Usaha dan Strategi Pemasaran Produk Olahan Sampah. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Selasa, 24 Juli 2018 Pukul 09.00-Selesai, yang secara resmi dibuka oleh Heni Setiawati, SKM (Kepala Puskesmas Br Biji) dan Dedi Syafikri, M.Si (Ketua Bid. Pengabdian LPPM UNSA).

Dengan pelatihan ini, dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok sasaran tentang cara pengelohan sampah secara krativ dan inovativ dan bernilai ekonomi tinggi. Selain itu diharapkan juga adanya peningkatan pengetahuan tentang manajemen usaha dan strategi pemasaran produk olahan sampah.

Kepala UPT Puskesmas Brang Biji Heni Setiawati, SKM berharap agar kerjasama dengan LPPM UNSA tidak selesai pada pelatihan ini saja tapi diharapkan mampu menjadi motivasi dan membina masyarakat hingga mencapai tujuan yang diinginkan bersama. Beliau menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada pihak LPPM UNSA yang sudah dating mengunjungi dan berbagi untuk Komunitas Ramapeno.

Dokumentasi Kegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *