Mengindeks Artikel di Google Scholar Secara Manual

Google Scholar adalah mesin pencari yang mengindeks semua artikel ilmiah ataupun publikasi penelitian dari banyak disiplin ilmu yang dibuat oleh Perusahaan mesin pencari di dunia yaitu Google. Bagi seorang dosen ataupun peneliti pasti tidak asing lagi dengan google scholar.

Apa keuntungannya kalau artikel yang kita publikasikan terindeks Google Scholar?

  1. Kita dapat melihat seluruh informasi publikasi ilmiah anda yang terindeks melalui halaman Google Scholar. Jadi, kalau tiba-tiba orang ingin melihat capaian publikasi kita, datanya dapat kita ambil dari Google Scholar.
  2. Kita dapat melihat berapa jumlah orang yang mensitasi artikel ilmiah kita. Jadi kita dapat mengetahui seberapa bermanfaat artikel yang kita buat sebagai informasi bagi masyarakat atau jadi bahan rujukan bagi penelitian orang lain.
  3. Kita dapat melihat informasi Total skor H-Index
  4. Kita dapat melihat informasi Total skor i10-Index
  5. Semua artikel yang terindeks di Google Scholar menjadi rujukan untuk penilaian penelitian anda di portal penelitian dikti : http://sinta2.ristekdikti.go.id

Mungkin beberapa pertanyaan yang sering saya dapati adalah “Kok artikel saya belum/tidak terindeks di google scholar?”
Banyak faktor yang menyebabkan artikel belum terindeks di Google Scholar, salah satunya mungkin artikelnya belum di-onlinekan serta namanya yang hanya satu kata. Jika artikelnya masih belum terindeks juga, kita bisa menambahkan artikel secara manual di Google Scholar.

Cara menambahkan artikel secara manual di Google Scholar:

  • Pastikan anda sudah memiliki akun google scholar (akun gmail) kemudian silahkan login menggunakan akun gmail anda.
  • Kemudian pada menu sebelah kiri google scholar anda klik My Profile (dalam bahasa inggris) kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini :

  • Langkah selanjutnya pada Title ada simbol/icon tanda tambah kemudian anda klik.
  • Selanjutnya anda pilih menu Add article Manually dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

  • Kemudian kita isi Form informasi yang disediakan. di form tersebut kita dapat memililih Journal, Book chapter atau yang lainnya

  • Pastikan informasi yang anda masukan sesuai dengan artikel ilmiah atau jurnal penelitian anda.
  • Jika informasi sudah lengkap, anda dapat mengklik tombol check list warna biru
  • Kemudian anda menunggu, Google akan memproses dan melakukan verifikasi. untuk waktu saya tidak tahu pasti.
  • Selesai

Namun, penambahan artikel secara manual di Google Scholar juga punya kelemahan. Untuk artikel yang terindeks dari portal jurnal online jika judul artikelnya di “klik”, maka bagian pojok kanan (lihat gambar)

ada source yang disediakan untuk mendownload file publikasi lengkap. Jika menggunakan penambahan artikel secara manual maka file publikasi lengkap tidak akan dapat dilihat atau di download oleh pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *